Senin, 24 September 2012

PESTA KEMBANG API DI ARMADA JAYA 2012


Hajatan besar TNI Angkatan Laut tiap tahun sudah dimulai. Meski belum masuk ke tahap puncak, berbagai persiapan dan latihan parsial telah dilakukan. Dalam Armada Jaya 2012 kali ini TNI AL mengerahkan sedikitnya 23 kapal perang serta 4000 personel serta berbagai pesawat. Seperti biasa, latihan akan berlangsung mulai dari laut jawa hingga Kalimantan Timur pada 23 september - 23 oktober.
Namun pada puncaknya nanti, yaitu sekitar tanggal 20-an Oktober 2012, untuk Armada Jaya kali ini TNI-AL tidak akan tanggung-tanggung. Berbagai persenjataan yang dimiliki akan diuji coba kembali. Menurut sumber ARC, berbagai persenjataan berupa peluru kendali yang akan diuji coba antara lain: Penembakan Rudal Yakhont oleh KRI Oswald Siahaan, Penembakan Rudal Exocet MM-40 Block 2 oleh KRI diponegoro serta penembakan rudal C-802 oleh KRI Abdul Halim Perdana Kusumah.
Namun demikian, masih menurut sumber yang sama, penembakan rudal C-802 merupakan skenario cadangan. Yaitu jika sasaran yang ditentukan tidak tenggelam, maka akan dipamungkasi oleh rudal buatan China tersebut. Selain itu akan dilakukan juga penembakan Torpedo oleh KRI Ajak yang merupakan jenis kapal cepat torpedo.
Menarik disimak adalah dilakukannya uji penembakan kembali rudal Yakhont. Rudal ini sendiri pertama kali di uji coba pada 20 april 2011 lalu. Dengan kemampuan menembak sasaran hingga 300 kilometer, TNI-AL perlu melakukan sejumlah persiapan.diantaranya area penembakan yang sangat luas. Pada saat itu lokasi itu berbentuk empat persegi panjang dengan panjang 195NM dan lebar 76NM. Selain itu, lalu lintas udara juga untuk sementara dihentikan.
Nah, seperti apa serunya Armada Jaya 2012? kita simak saja perkembangan terbarunya yang pastinya akan disampaikan oleh web ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar