Sabtu, 11 Agustus 2012

Burung “Rangkong” Segera Terbang Ke Tanah Air


Tanggal 6 Agustus lalu, Embraer mulai menyerahkan empat pesawat A-29 Super Tucano batch pertama yang dipesan oleh Angkatan Udara Indonesia sejak 2010 lalu dalam sebuah acara cerimonial di Peixoto Gavião - Sao Paulo yang dihadiri langsung oleh Luiz Carlos Aguiar, Direktur Pertahanan dan Keamanan Embraer dan mewakili Indonesia Marsekal Udara Eris Herryanto, Sekretaris Jenderal Kementrian Pertahanan Indonesia.
Pesawat serang ringan ini terlihat sangar dengan muka menyeringainya ala si Cocor Merah P-51 Mustang TNI AU. Ke 4-nya segera diterbangkan ke Indonesia melintasi Samudra Atlantic dan akan transit dibeberapa negara sebelum mencapai Medan lalu singgah di Jakarta sebelum akhirnya dimasukkan kedalam sarangnya di Lanud ABD Saleh Malang yang diperkirakan awal September mendatang.
Indonesia adalah negara di Asia pertama yang mengunakannya dan ini menjadi kebanggaan tersindiri bagi Embraer seperti yang di utarakan oleh Luiz Carlos saat upacara serah terima. Embraer sendiri telah memproduksi sebanyak 160 unit A-29 dan digunakan dibanyak Negara terutama dari Amerika Latin. TNI-AU sendiri kelak akan menggenapinya sebanyak 16 unit untuk menggantikan si battle-proven OV-10 Bronco yang legendaris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar