Senin, 04 Maret 2013

"Loyalis Sultan Sulu Tidak Kuat"


Foto :  Jendral Sri Zulkifeli Mohd Zin (mynewshub)
Foto : Jendral Sri Zulkifeli Mohd Zin (mynewshub) 
LAHAD DATU:(DM) - Panglima Angkatan Darat Malaysia Jendral Sri Zulkifeli Mohd Zin mengatakan, para loyalis Sultan Sulu yang menyusup ke wilayah Sabah tidak kuat dan masih bisa diatasi oleh aparat keamanan Malaysia. Zulkifeli pun berniat mengirim dua batalion pasukannya ke dua wilayah di Sabah.

Seperti diketahui, peperangan terus terjadi di Sabah, khususnya di wilayah Kunak dan Samporna. Zulkifeli akhirnya mengirim dua batalion militer Malaysia ke wilayah itu dengan alasan, untuk "membangun kepercayaan publik."

Menurut Zulkifeli, loyalis Sultan Sulu itu menaiki sebuah kapal kecil dari Pulau Sibutu, namun aparat keamanan gagal dalam mendeteksi gerak-gerik para warga Filipina itu. Zulkifeli pun menyebut loyalis Sultan Sulu kriminal.

"Saya yakin, mereka datang ke sini dengan menggunakan pakaian warga sipil, setelah berada di Sabah mereka berkumpul, dan mengenakan pakaian militernya," ujar Zulkifeli, seperti dikutip GMA, Senin (4/3/2013).

"Meski mereka adalah Tausug (militer Sulu), mereka adalah warga sipil yang terikat dengan hukum," tegasnya.

Zulkifeli juga menambahkan, para loyalis Sultan Sulu di Sabah tidak cukup kuat untuk melawan aparat keamanan Malaysia. Selain itu, Angkatan Darah Malaysia sama sekali tidak cemas dalam menghadapi loyalis Sultan Sulu dalam perang gerilya karena militer Malaysia jauh lebih terlatih.

Saat ini, aparat keamanan memblokir wilayah udara dan juga laut dan mengepung Sabah. Operasi di Sabah juga menjadi operasi gabungan antara angkatan bersenjata dan juga polisi.

"Bila kalian mengetahui, perairan Sabah cukup luas, jadi kami harus mengawasi mereka (loyalis Sultan Sulu) dan menjaga perbatasan dengan teknis yang kami bisa," papar Zulkifeli.
okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar