Selasa, 31 Januari 2012

Indonesia masuk "trillion dollar club"








Jakarta (ANTARA News) - Indonesia dinilai berperan penting dalam forum ekonomi dunia atau "World Economic Forum" (WEF) yang telah digelar di Davos, Swiss, 25 - 29 Februari 2012, karena telah masuk ke dalam "trillion dollar club".

Siaran pers Kementerian Perdagangan yang diterima di Jakarta, Selasa menyebutkan, Indonesia berperan penting dalam forum dunia itu karena Indonesia baru saja masuk dalam kategori "trillion dollar club" yang ditandai dengan PDB Indonesia yang melampaui nilai 1 triliun dolar AS.

Hal itu sejajar dengan sejumlah negara lainnya seperti China, India, Rusia, Brazil, Korea, Meksiko, dan Turki.

Rilis Kemendag juga menyebutkan, Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan dalam WEF 2012 juga berperan aktif dalam menentukan arah perdagangan global dan strategi ekonomi yang berorientasi pada aksi nyata yang sangat dibutuhkan, meningkatkan posisi Indonesia di dunia, serta menyuarakan kepentingan Indonesia.

Pada hari pertama keikutsertaannya, Mendag Gita Wirjawan memimpin sesi pertemuan yang berjudul "Realizing a New Vision for Agriculture: An Action Agenda". 

Dalam sesi yang diikuti oleh sejumlah kepala negara termasuk para menteri dan CEO terkemuka seperti Bill Gates, Mendag mendorong prakarsa Indonesia tentang "Partnership for Indonesia Sustainable Agriculture" (PISAgro) dengan menggalang kerja sama pemerintah dengan perusahaan lokal dan multinasional untuk menjawab tantangan pertanian yang dihadapi Indonesia. 

Hingga kini, PISAgro telah menetapkan program-program nyata yang berorientasi pada hasil kerja dengan tujuan swasembada pangan dan peningkatan panen produk pertanian yang utama, dengan memperhatikan pelestarian lingkungan serta kesejahteraan sosial rakyatnya. 

"Meski baru diluncurkan tahun lalu, pada pertemuan bergengsi ini, PISAgro mendapat perhatian besar sebagai suatu model kemitraan antar pemerintah dan swasta yang menunjukkan kepemimpinan dan komitmen Indonesia dalam menangani masalah ketahanan pangan," kata Gita Wirjawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar