Kamis, 08 Maret 2012

KRI Sultan Iskandar Muda Gelar Latihan dengan AL Turki dan Lebanon


8 Maret 2012, Lebanon: Sudah yang kesekian kali serial Mailbag Transfer dilaksanakan oleh KRI SIM 367 dengan unsur-unsur MTF. Pada latihan kali ini, KRI SIM 367 benar-benar menghadapi ujian alam di laut Mediterania yaitu menghadapi cuaca ekstrim pada saat melaksanakan Miscex 806 dengan TCG Badrum F-501 (Turki).

Latihan yang dilaksanakan sesuai rencana pada pukul 09-00 LT ini, bertepatan dengan perubahan cuaca yang ekstrim dimana kecepatan angin pada saat itu mencapai 52 knots, suhu 5ยบ celcius yang disertai hujan es dan gelombang laut rata-rata 3 meter. Kondisi cuaca ekstrim tersebut merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh ABK. Dibutuhkan kesiapan fisik prima serta profesionalisme prajurit yang terlatih untuk dapat menjawab semua tantangan tersebut. Latihan berjalan dengan aman dan lancar sesuai yang direncanakan.

Bertindak sebagai OCS pada serial ini adalah KRI SIM – 367, dalam latihan ini dilaksanakan dua kali run secara bergantian, dimana TCG Badrum F-501 melaksanakan run pertama dengan melaksanakan pendekatan terlebih dahulu terhadap KRI SIM – 367 sampai dengan terkirim tali-tali dan kemudian melaksanakan kirim - terima barang. Demikian juga sebaliknya pada run ke dua berganti KRI SIM – 367 melaksanakan kegiatan yang sama seperti yang dilakukan oleh TCG Badrum F-501.

Latihan Boardex dengan AL Lebanon



BOARDEX 03 merupakan latihan Prosedur Boarding ke kapal suspect. Pada latihan ini Tim Boarding KRI SIM 367 memberikan pelatihan kepada Personil LAF Navy tentang prosedur standar pemeriksaan terhadap kapal sipil.

Latihan diawali dengan penjelasan tentang perlengkapan personel dan team dalam pelaksanaan Boarding Party. Selanjutnya Tim Boarding KRI SIM 367 mendemontrasikan prosedur mulai dari naik tangga kapal sampai dengan kesiapan personil setelah on board diatas kapal suspect. Setiap gerakan dan posisi pemeriksaan diberikan penjelasan maksud dan tujuan dari masing-masing pemeriksaaan, dalam prosedur pemeriksaan sendiri dibagi dalam 3 tahap Pre-Boarding Phase, Boarding Phase, dan Post Boarding Phase.

Dalam pelaksanaan latihan LAF-Navy Boarding Team mengikuti dengan seksama selama demontrasi berlasung, setelah latihan dilanjutkan dengan. Diskusi di lokasi latihan (geladak heli).

Tujuan latihan ini adalah untuk melatih team boarding party KRI SIM 367 serta memberikan gambaran kepada LAF-N sebagai pengamat, untuk dapat mengambil pelajaran dari demonstrasi tersebut.

Sumber: Dispenarmatim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar