Kamis, 15 Maret 2012

Menuju Kapal Selam Pemburu Kapal Selam?


Pengadaan kapal selam oleh Indonesia lewat pembelian sistem senjata buatan Korea Selatan memunculkan banyak tantangan. Di antara berbagai tantangan itu, satu di antaranya adalah bagaimana mentransformasikan kapal selam tersebut menjadi kapal selam pemburu kapal selam alias hunter killer submarine (SSK). Sebenarnya kapal selam yang kini digunakan oleh Angkatan Laut Indonesia merupakan kapal selam berkemampuan SSK, hanya saja hal itu belum dieksploitasi secara optimal selama ini.
Dengan mentransformasikan kapal selam menjadi SSK sesungguhnya, akan memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan peperangan kapal selam Indonesia. Artinya, kemampuan kapal selam negeri ini bukan sekedar memburu dan menghancurkan kapal permukaan saja, tetapi pula memburu dan menghancurkan kapal selam. Lewat kemampuan itu, satuan kapal selam Indonesia dapat bersaing secara kualitas dengan kapal selam milik beberapa negara di sekeliling Nusantara.
Tantangan dalam mewujudkan kapal selam pemburu kapal selam adalah untuk membujuk dan menekan Korea Selatan untuk mempersenjatai kapal selam itu dengan sistem senjata yang mendukung terciptanya kemampuan SSK. Dalam soal itu, Indonesia sebenarnya mempunyai posisi tawar yang kuat terhadap Korea Selatan. Tinggal bagaimana mau memberdayakan posisi tawar itu atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar