Rabu, 04 April 2012

Latihan Tempur Armada Timur Libatkan 13 Kapal Perang dan 3 Pesawat Udara


Surabaya, Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) melibatkan sedikitnya 13 kapal perang dari berbagai tipe dalam kegiatan latihan tempur laut terpadu dengan sandi L-III di Surabaya, 2-6 April 2012.
Kepala Dinas Penerangan Koarmatim Letnan Kolonel Laut Yayan Sugiana di Surabaya, Kamis, mengatakan, selain kapal perang, latihan tempur laut juga melibatkan satu unit pesawat jenis Casa dan dua helikopter jenis Bolkow.
"Latihan tempur laut kali ini melibatkan unsur-unsur laut dan udara yang dimiliki Koarmatim dan di bawah komando Komandan Satuan Tugas Kolonel Laut (P) Yudo Margono," katanya melalui siaran pers.
Kegiatan latihan tempur akan dimulai dari Pangkalan Surabaya, kemudian Alur Pelayaran Barat Surabaya, Laut Jawa, Pulau Gundul dan selanjutnya kembali ke Pangkalan Surabaya.
Yayan Sugiana mengatakan, latihan ini bertujuan meningkatkan profesionalisme prajurit matra laut dalam menggunakan peralatan tempur.
Sedangkan sasaran yang ingin dicapai adalah prajurit Koarmatim mampu melaksanakan peperangan dan pertahanan dalam tugas tempur laut yang meliputi peperangan anti-kapal selam dan anti-kapal permukaan air, pertahanan Udara, prosedur komunikasi taktis, dan pembekalan di laut.
"Selain itu, para prajurit Koarmatim diharapkan mampu melaksanakan peperangan dengan melibatkan beberapa unsur udara dalam formasi tugas tempur laut, serta mampu mengaplikasikan teori kepelautan dan pengenalan doktrin-doktrin peperangan laut," tambahnya.
Pada kesempatan terpisah, Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono meninjau gladi tugas tempur tingkat III di Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata Kobangdikal.
Peninjauan itu untuk memastikan kesiapan dalam pelaksanaan latihan tempur laut yang digelar Koarmatim pada tahun ini.
---
Sumber Berita:
Kemhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar