Kamis, 15 September 2011

Indonesia - Thailand Gelar Sidang ke-5 ITHLC


Agus Suhartono

Tentara Nasional Indonesia dan Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand melaksanakan Sidang ke-5 Indonesia Thailand High Level Committee (ITHLC). Sidang yang berlangsung di Bangkok- Thailand itu beragendakan peningkatan kerja sama intelijen, operasi dan latihan.
Sidang ITHLC tersebut berlangsung pada 13  hingga 15 September 2011. Pada pembukaan Sidang ke-5 ITHLC, Panglima TNI Agus Suhartono menyatakan bahwa Indonesia dan Thailand tidak mungkin terlepas dari fenomena perkembangan lingkungan global yang dinamis.

Sebagai dua negara anggota ASEAN yang memiliki perbatasan maritim, perlu waspada dan senantiasa siaga dengan kemungkinan terkena imbas dampak buruk dari bergejolaknya situasi keamanan di beberapa wilayah tersebut.

Untuk itulah, pada Sidang ke-5 ITHLC tahun ini, selain membahas berbagai isu yang telah menjadi kesepakatan bersama seperti yang telah tersusun dengan baik oleh kedua sekretariat. Panglima TNI mengatakan, patut diwaspadai wilayah perbatasan perairan kedua negara dari kemungkinan masuknya pihak lain yang akan memanfaatkan wilayah perbatasan Indonesia - Thailand untuk kepentingan pihak tertentu.

Saat ini, Forum ITHLC telah memasuki tahun kelima.  Pada usia yang masih relatif baru, Sidang ITHLC telah mampu memberikan gambaran tentang pencapaian kualitas kerjasama dan kedekatan hubungan personal dan institusional kedua pihak.          

Pelaksanaan ITHLC semula akan dilaksanakan bulan Mei 2011, kemudian mundur menjadi Juni 2011. Namun pelaksanaannya menjadi September 2011, setelah berlangsung Pemilu dan pembentukan Pemerintah baru Thailand.

Pertemuan kerjasama militer bilateral antara kedua negara diharapkan akan menghasilkan kesepakatan yang positif bagi peningkatan kualitas kerjasama kedua angkatan bersenjata yang akan senantiasa memberikan dampak produktif dan pencapaian komprehensif bagi perwujudan ikatan kerjasama TNI dan Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand dalam berbagai bidang kegiatan sepanjang tahun kegiatan.

Pada Sidang ITHLC ke 5 tersebut, Delegasi Indonesia dipimpin oleh Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., sedangkan Thailand dipimpin oleh Panglima Angkatan Bersenjata Kerajaan Thailand Jenderal Songkitti Jaggabatara.(kap/rin/nis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar