Minggu, 04 September 2011

Waspadai Ambisi Negeri Tukang Klaim

All hands,
Indonesia perlu terus mewaspadai ambisi Negeri Tukang Klaim untuk menuntut diakui sebagai negara kepulauan. Sebab kalau hal itu terjadi, Indonesia akan menjadi negara yang paling akan dirugikan. Akan semakin banyak wilayah perairan Indonesia yang akan diklaim oleh negeri serakah tersebut. Bahkan sangat mungkin semua perjanjian batas laut yang selama ini sudah disetujui akan kembali dimentahkan oleh Negeri Tukang Klaim.
Ambisi Negeri Tukang Klaim untuk menjadi negara kepulauan bisa dilihat dari klaimnya atas wilayah perairan di Laut Sulawesi. Hingga kini perundingan soal batas laut Indonesia dengan Negeri Tukang Klaim mengalami kebuntuan karena Negeri Tukang Klaim menggunakan pendekatan yang harusnya hanya boleh digunakan oleh negara yang memang berstatus kepulauan. Kalau Indonesia menyetujui cara yang dipakai oleh Negeri Tukang Klaim, itu sama saja dengan pengakuan tersirat terhadap Negeri Tukang Klaim sebagai negara kepulauan. Hal inilah yang senantiasa dihindari dan diwaspadai oleh Jakarta.
Lebih  baik perundingan soal Laut Sulawesi mengalami kebuntuan daripada Jakarta harus mengakui Negeri Tukang Klaim sebagai negara kepulauan. Lebih murah tetap mempertahankan kehadiran kapal perang Indonesia di Laut Sulawesi daripada mengakui Negeri Tukang Klaim sebagai negara kepulauan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar