Kamis, 09 Februari 2012

BATAN: studi tapak PLTN jalan terus

Muntok, Bangka Barat (ANTARA News) - Kepala Pusat Pengembangan Energi Nuklir Badan Tenaga Nuklir Nasional Dr Ir A Sarwiyana Sastratenaya menyatakan, studi tapak pembangkit listrik tenaga nuklir terus berjalan di Kabupaten Bangka Barat dan Bangka Selatan.

"Kami bekerja sama dengan PT Surveyor Indonesia terus melanjutkan program tiga tahap sesuai rencana yang dimulai sejak 2011 hingga 2013 untuk mengetahui berbagai potensi yang dimiliki dua kabupaten itu," katanya di Muntok, Kamis.

Ia mengatakan, survei tersebut bukan rencana pembangunan PLTN, namun yang dilakukan sejak 2011 sampai 2013 hanya studi tapak yang bermanfaat untuk masyarakat setempat dan melengkapi data potensi daerah.

Ia menjelaskan, uji tapak dari berbagai aspek dilakukan dalam tiga tahap meliputi studi tahun pertama berupa studi regional atau wilayah studi dengan radius antara 150 sampai 500 kilometer dari lokasi tapak , studi near regional atau radius 25 kilometer dari lokasi uji tapak dan persiapan infrastruktur pendukung.

Selanjutnya, pada tahun kedua berupa studi dengan radius lima kilometer dari lokasi tapak dan studi karakteristik tapak atau dalam lokasi tapak dan pada tahun ke tiga berupa persiapan dokumen perizinan dilanjutkan monitoring data untuk mendukung kegiatan.

"Untuk survei geologi yang mencakup survei dan pemetaan dimulai di tahun pertama dan dilanjutkan di tahun kedua mencakup survei geofisika yaitu gravity, geolistrik," ujarnya.
(KR-DSD/N002) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar