Rabu, 29 Februari 2012

Pengembangan Pangkalan Angkatan Laut Di Papua


Dalam pembangunan kekuatan Angkatan Laut negeri ini sekarang, salah satu programnya adalah pengembangan pangkalan Angkatan Laut di Papua, tepatnya di Sorong. Pengembangan pangkalan tersebut terkait erat dengan rencana pembentukan tiga Armada di mana Armada Timur akan berbasis di wilayah kepala burung itu. Terkait dengan pengembangan pangkalan itu, ada satu hal penting yang perlu diperhatikan sejak dini.
Pengembangan pangkalan Armada Timur di Sorong berarti bahwa mesin perang Armada Timur akan bermarkas di sana. Artinya, pangkalan di Sorong akan dihuni oleh ribuan personel Angkatan Laut beserta keluarga mereka. Belajar dari tidak berjalannya konsep pangkalan di Teluk Ratai yang telah dirancang sejak 1965, kesalahan yang sama harus dihindari untuk pangkalan baru di wilayah ujung timur Indonesia itu.
Kesalahan yang dimaksud adalah keengganan untuk menghuni pangkalan yang terletak di kawasan yang tidak dapat digolongkan sebagai sebuah kawasan yang sudah dengan beragam fasilitas yang tersedia. Apalagi pengembangan pangkalan ini berlokasi di Sorong yang berada di wilayah Indonesia Timur dan sebaliknya tidak terletak di Pulau Jawa yang sudah mapan dengan berbagai fasilitas yang ada. Jangan sampai pangkalan yang dibangun dan akan terwujud sekitar 10 tahun dari sekarang malah akan kembali bernasib seperti Teluk Ratai di masa lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar