Rabu, 30 November 2011

BIN Selidiki Tentara Aktif AS di PT Freeport


Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Marciano Norman menjelaskan, saat ini lembaga yang dipimpinya tengah menyelidiki dan mempertajam isu adanya tentara aktif Amerika Serikat (AS) yang bekerja di PT Freeport Indonesia. BIN tidak tinggal diam dan terus menelusuri informasi tersebut.

"Semua informasi yang kita terima akan dikembangkan. Kami sangat menghargai semua informasi itu. Saya perintahkan seluruh jajaran BIN untuk menajamkan temuan tersebut," ujar Marciano sebelum rapat tertutup dengan Komisi I DPR, Jakarta, Selasa (29/1).

Informasi 70 tentara aktif yang bekerja di PT Freeport dikemukakan oleh anggota Komisi VII DPR Ali Kastela usai kunjungan kerja meninjau PT Freeport, Timika, Papua. "Saat kunjungan kerja ada 70 personel militer Amerika aktif yang bekerja di Freeport," ujar Ali saat rapat tim monitoring Papua dan Papua Barat dengan pemerintah di DPR, Senayan, 25 Nopember lalu.

Sejauh ini, menurut Marciano, BIN hanya menemukan purnawirawan AS yang bekerja di PT Freeport. BIN belum temukan tentara aktif. "Di Freeport kita tidak menemukan ada tentara aktif di sana. Apalagi dengan perlengkapannya. Tidak ada. Kalau mungkin, mereka sudah purnawirawan dan bekerja. Itu mungkin saja, tapi tentara aktif tidak ada," tegas Marciano. (MI/DOR)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar