Senin, 21 November 2011

SBY Minta Australia Libatkan China di Pelatihan Militer


SBY Minta Australia Libatkan China di Pelatihan Militer
SYDNEY MORNING HERALD
                                                            Susilo Bambang Yudhoyono dan Julia Gillard

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan saran kepada PM Australia, Julia Gillard, untuk mengurangi ketegangan dengan adanya pangkalan militer AS di dekat Darwin. SBY meminta agar Australia melakukan latihan militer dengan tentara China.
Dilansir Sydney Morning Herald, Senin (21/11/2011), SBY mengajukan proposal itu setelah Gillard memastikan jika kehadiran 2.500 angkatan laut AS (Marines) di sebelah utara Australia tidak akan melahirkan sesuatu yang menakutkan dan malah mempercepat pertolongan jika terjadi bencana alam di sekitar wilayah tersebut.
Menurut seorang pejabat Indonesia yang hadir di pertemuan di antara kedua pemimpin negara itu, SBY mengatakan kepada Gillard bahwa sudah jelas jika kehadiran pangkalan militer itu akan menimbulkan ketegangan dan tak akan diterima.
Gillard kemudian mengatakan ke SBY jika tentara Australia dan AS kemungkinan akan melakukan latihan dengan personel militer Indonesia untuk memperbaiki penanganan masalah bencana.
"Setelah Gillar memberikan penjelasan, SBY sangat gembira," demikian kata juru bicara kepresidenan, Julian Aldrin Pasha.
"SBY memberikan saran jika latihan militer yang melibatkan anggota ASEAN dan ia harus mengundang China. Melibatkan China akan meningkatkan kepercayaan dengan AS khususnya mengenai wilayah yang dipersengketakan di Laut China Selatan," demikian kata Julian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar