Kamis, 02 Februari 2012

TLDM Puji Kelengkapan Sarana Pendidikan TNI AL


Empat delegasi dari Markas Pendidikan dan Latihan Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM) melakukan lawatan ke Markas Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal), Rabu (1/2).
Delegasi TLDM tersebut dipimpin Ketua Juru Latih Kapal Diraja Sultan Idris 1 (Kepala Departenen Operasi Diklat TLDM, Red) KMDR TLDM Mochamad Noorizal Bin Fahrudin didampingi KMDR TLDM Hasnan Bin Hanafiah, LT KMDR TLDM Noorhairy Bin Nordin dan LT KMDR TLDM Azli Bin Ismail.
Kedatangan delegasi AL negeri jiran tersebut, diterima oleh Direktur Pendidikan Kobangdikal Kolonel Laut (P) Hadi Susilo di Lounge Room Ki Hadjar Dewantara, Markas Kobangdikal, Surabaya.
Dalam kesempatan tersebut, Dirdik didampingi Wadan Komando Pendidikan Operasi Laut Kolonel Laut (P) Sandi Asmara, Wadan Kodik Marinir Kolonel (Mar) Amin Budi Cahyono, Komandan Puslatlekdalsen Kolonel Laut (P) Irvansyah dan Komandan Puspeknubika Kolonel Laut (T) Heryuda.
Dalam lawatannya ke lembaga pendidikan terbesar milik TNI AL tersebut, Noorizal berserta 3 delegasi lainnya berbincang hangat dan bertukar pengalaman tentang pendidikan militer angkatan laut baik pendidikan untuk strata tamtama hingga perwira serta kemungkinan-kemungkinan kerjasama yang bisa dijajaki di antara kedua Negara sahabat tersebut, khususnya seputar dunia pendidikan AL.
Usai diterima Dirdik, delegasi TLDM berkesempatan mengunjungi Pusat Latihan Elektronika dan Pengendalian Senjata (Puslatlekdalsen). Kunjungan ke Dalsen tersebut didampingi Komandan Puslatlekdalsen Kolonel Laut (P) Irvansyah.
Sarana yang dikunjungi tentara laut Negara serumpun tersbeut, di antaranya peralatan simulator kapal perang yang berada di Gedung Nala dan Fatahillah berupa simulator Dynamic Positioning Maneuvering System (DPMS) dan Tactical Team Trainer(TTT).
Setelah mengunjungi Puslatlekdalsen, delegasi berkunjung juga ke Pusat Penyelamatan Kapal Nuklir Biologi dan Kimia (Puspeknubika) yang berlokasi di selatan Pintu Air Bozem Morokrembangan. Kunjungan ke Puspeknubika ini, didampingi Komandan Puspeknubika Kolonel Laut (T) Heryuda.
Di Puspeknubika, delegasi berkesemptan melihat beberapa adegan peran penanggulangan kebakaran dan kebocoran kapal yang dimainkan oleh siswa Kobangdikal yang tengah melaksanakan simulasi latihan.
Di sela kunjungannya di beberapa fasilitas yang dimiliki Kobangdikal, Noorizal mengatakan bahwa sarana pendidikan Angkatan Laut Indonesia sudah cukup lengkap, dengan area pendidkan yang luas dan memadai.
Menurutnya, pendidikan di TLDM tidak sebesar yang dimiliki Indonesia. Lembaga pendidikan milik TLDM tersebut bermarkas di Kuala Lumpur, sementara untuk pusat latihannya berlokasi di Lumut berupa Kapal Diraja Sultan Idris I (Puslat untuk Perwira), Kapal Diraja Plando (Puslat untuk Bintara dan Tamtama) dan di Johor berupa Kapal Diraja Sultan Ismail (untuk latihan dasar kemiliterannya).
(Pen Kobangdikal)
---
Sumber Berita & Foto:
Dispenal Mabesal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar